Mengenal Allah




Mengenal Allahdengan mengetahui terdahulu makna yang terkandung dalam syahadat

 Makna "La ilaha Illallah"

Agar kita lebih mengenal Allah maka sebelum nya kita harus mengetahui apa makna dari lapadz "La ilaha Illallh” yang terdapat dalam syahadat.
      Makna "La ilaha Illallah" adalah bersaksi bahwa “Tiada Tuhan selain Allah” kita hanya beribadah kepada Allah. Orang yang beribadah kepada selain Allah adalah kafir dan musyrik terhadap Allah. Musyrik adalah perbuatan dosa besar yang tidak akan di ampuni oleh Allah SWT kecuali orang itu bertaubat Nasuha dan berjanji kepada Allah tidak akan melakukan mengulangi kesalahanya kemudian berusaha agar menjadi lebih baik,
Selain kita harus mengenal Allah Kita juga Harus mengenal Nabi Muhammad SAW karena beliau adalah Utusan Allah yang diutus untuk dijadikan sauri tauladan agar menjadi contoh umat manusia.

Makna Syahadat “Muhammad Rasulullah”

            Makna syahadat Muhammad Rasulullah adalah mengetahui dan meyakini bahwa Muhammad adalah utusan Allah. seorang hamba Allah tidak boleh disembah dan tidak boleh didustakan. Tetapi kita harus menconto suri tauladan Nabi Muhammad SAW,mengikuti dan mentaatiny, karena barang Siapa yang menaati Nabi Muhammad SAW akan  masuk surga dan  barang siapa yang mendustakan nya akan masuk kedalam neraka.
            Selain itu anda juga mengetahui dan meyakini bahwa sumber pengambilan syariat sama saja apakah mengenai syiar-syiar ibadah ritual yang diperintahkan Allah maupun aturan hukum dan syariat dalam segala sector maupun mengenai keputusan halal dan keputusan haram. Semua itu tidak boleh kita ikuti kecuali lewat utusan Allah. Maka dari itu kita sebagai seorang muslim tidak boleh menerima satu syariat pun yang datang bukan lewat Rasul SAW. Allah ta’ala berfirman :
“Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota maka adalah untuk Allah, untuk Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.”
(QS: Al- Hasyr Ayat: 7)
            Pada ayat ini kita pastinya lebih mengenal Allah ,Karena dalam ayat ini Allah memerintahkan kaum muslimin agar menaati Rasul-Nya. Atas apa yang diperintahkannya dan berhenti dari yang dilarangnya. beliau memerintah itu hanya berdasarkan dengan perintah Allah dan melarang berdasar larangan-Nya.
Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (QS. An Nisa’:65)
            Sedangkan ada ayat kedua Allah bersumpah dengan diri-Nya yang suci bahwa sah iman seseorang kepada Allah dan Rasul-Nya.
Rasul SAW bersabda :
“Barangsiapa mengerjakan suatu amal yang tidak ada contohnya dari urusan kami maka ia tertolak.” Hadist yang diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya
Segala bentuk amalan yang dianggap termasuk di dalam agama, namun tidak dibenarkan dan tidak di contohkan oleh nabi dan Rasul dikenal dengan istilah bid'ah.
Semoga dari materi diatas kita lebih Mengenal Allah dan Rasul nya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Allah"

Posting Komentar