Rukun Islam


Rukun Islam  ada lima perkara :

 

  1. Mengucap dua kalimat syahadat.
  2. Menunaikan Shalat Lima waktu.
  3. Mengeluarkan zakat.
  4. Berpuasa pada bulan Ramadhan.
  5. Menunaikan Haji bagi yang mampu.

Agar lebih memahami coba simak  pembahasan berikut !

1. Syahadat
                Syahadat ini adalah rukun islam yang paling penting dan utama untuk menjadi seorang muslim, karena dalam shadadat ini kita bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. Syahadat (persaksian) mengucapkan dengan lisan, membenarkan dengan hati lalu mengamalkannya melalui perbuatan. Didunia ini banyak sekali orang yang mengucapkan syahadat secara lisan namun tidak mengetahui makna syahadat itu sendiri, sehingga tidak mengamalkannya.

2. Shalat
                Shalat ibarat kan sebagai pondasi rumah, jika rumah tidak  berpondasi maka rumah tidak agak berdiri malah akan roboh. Begitu pun dengan shalat, Shalat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Maka jika kita tidak menunaikan shalat maka Islam kita tidak akan berdiri tegak malah akan hancur.

                Seorang muslim wajib memelihara solat nya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan para putra putrinya. Semenjak anaknya usia tujuh tahun  para tua wajib memerintahkan shalat kepada anak - anaknya dalam rangka membiasakannya. Karena Allah ta’ala berfirman :

"Sesungguhnya Shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)

                Shalat wajib bagi seorang muslim dalam kondisi apapun bahkan dalam keadaan ketakutan dan sakit. Jadi tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak melaksanakan solat, terkecuali bagi wanita yang sedang dalam keadaan hed.  Keadaan berdiri, duduk maupun berbaring hingga sekalipun tidak mampu kecuali sekedar dengan isyarat mata atau hatinya maka ia boleh Shalat dengan isyarat agar bisa terlaknanya rukun islam yang kedua.

                Shalat lima waktu sehari semalam (subuh, dzuhur, asar magrib, I’sya ) yang diperintahkan Allah SWT agar menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim dimana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.
                Seandainya seorang muslim tidak melaksanakan Shalat lima waktu maka ia telah melakukan dosa besar, karena tidak melaksnakan rukun islam yang kedua yaitu shalat. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.

3. Zakat
                Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur’an.

                Di antara manfaat mengeluarkan zakat menghibur jiwa orang-orang fakir dan menutupi kebutuhan mereka serta menguatkan ikatan cinta antara mereka dan orang kaya.

4. Puasa
                Puasa pada bulan Ramadan yaitu bulan kesembilan dari bulan hijriyah. Menahan dari makan, minum dan jima’ (mendatangi istri) dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari . Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Romadhon. Allah ta’ala berfirman :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)


5. Haji
Rukun Islam kelima adalah haji ke baitullah Mekkah sekali seumur hidup. Bagi yang mampu.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rukun Islam"

Posting Komentar