Rukun Iman



Belajar Rukun Iman agar kita Beriman

1.       Rukun Iman Kesatu : Iman kepada Allah
      Seseorang akan dikatakan beriman kepada Allah dia harus mengimani 4 hal yaitu :
a.       Mengimani adanya AllahSWT.
b.      Mengimani rububiah AllahSWT, bahwa tiada yang menciptakan, kemudian mengatur dan menguasai, alam semesta ini Hanyalah  Allah semata.
c.       Mengimani uluhiah AllahSWT, bahwa tidak ada sembahan yang berhak disembah selain Allah dan mengingkari semua sembahan selain Allah Ta’ala.
d.      Mengimani semua nama dan sifat Allah (al-Asma'ul Husna) yang Allah telah tetapkan untuk diri-Nya dan yang Nabi-Nya tetapkan untuk Allah SWT, serta jauhi sikap menghilangkan, memalingkan makna, mempertanyakannya ,dan menyerupainya.

2.       Rukun Iman Kedua : Iman kepada Malaikat-malaikat Allah
      Mengimani keberadaanya  dan setiap tugas-tugas yang diberikan Allah kepada mereka.

3.       Rukun Iman Ketiga : Iman kepada Kitab-kitab Allah
      Muslim wajib mengimani bahwa Al-Qur`an merupakan penghapus hukum dari semua kitab suci yang turun sebelumnyadan juga sebagai penyempurna. Muslim juga wajib mengetaui kitab-kitab Allah Selain Al-qur’an yaitu injil, tauret dan zabur.

4.       Rukun Iman Keempat : Iman kepada Rasul-rasul Allah
       Mengimani bahwa ada di antara laki-laki dari kalangan manusia yang Allah Ta’ala pilih sebagai perantara antara diri-Nya dengan para makhluk  lainnya. Akan tetapi mereka semua tetaplah merupakan manusia biasa yang sama sekali tidak mempunyai sifat-sifat dan hak ketuhanan, karenanya menyembah para nabi dan rasul adalah kebatilan  dunia yang nyata. Wajib mengimani bahwa semua wahyu kepada nabi dan rasul itu adalah benar dan bersumber dari Allah Ta’ala. Selain itu kita juga wajib mengakui setiap nabi dan rasul yang kita ketahui namanya dan yang tidak kita ketahui namanya.

5.       Rukun Iman Kelima : Iman kepada Hari Akhir
       Mengimani semua yang terjadi di alam barzakh (di antara dunia dan akhirat) berupa fitnah kubur (nikmat kubur atau siksa kubur). Serta Mengimani tanda-tanda hari kiamat. Dan Mengimani hari kebangkitan di padang mahsyar hingga berakhir di Surga atau Neraka.

6.      Rukun Iman Keenam : Iman kepada Qada dan Qadar, yaitu takdir yang baik dan buruk
       Mengimani kejadian yang baik maupun yang buruk, semua itu berasal dari Allah SWT . Karena seluruh makhluk tanpa terkecuali, zat dan sifat mereka begitupula perbuatan mereka adalah ciptaan Allah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rukun Iman"

Posting Komentar