Khalifah Rasyidin


Khalifah Rasyidin atau Khulafaur Rasyidin


Khalifah Rasyidin atau Khulafaur Rasyidin adalah pemimpin yang diberikan  petunjuk, yang diawali kepemimpinan kahlifah Abu Bakar, dilanjutkan oleh kepemimpinan Khlifah Utsman bin Affankahlifah Ali bin Abu Thalib dan khalifah Umar bin Khattab. Umat Islam telah mencapai tingkat kestabilan dalam bidang politik dan bidang ekonomi. Khalifah Abu Bakar telah memperkuat dasar kenegaraan umat Islam dan mengatasi pemberontakan beberapa suku-suku Arab yang terjadi setelah meninggalnya Nabi MuhammadSalallahu’alaihiwasalam . 

Khalifah Umar bin Khattab, Khalifah Utsman bin Affan dan Khalifah Ali bin Abu Thalib berhasil memimpin balatentara dan kaum Muslimin pada umumnya untuk berdakwah agama islam, terutama ke  negara Syamnegara Irak, dan negara Mesir. Dengan takluknya negera-negera tersebut,kemudian banyak sekali harta rampasan dalam perang dan luas wilayah kekuasaan yang dapat diraih oleh umat Islam.

Masa kekhalifahan selanjutnya

Setelah periode Khalifah Rasyidin, umat Islam berganti kepemimpinan dari tangan ke tangan dengan pemimpinnya "khalifah", kadang-kadang kita sebut "mirul mukminin" atau "sultan". Pada periode ini khalifah tidak lagi ditentukan berdasarkan orang yang terbaik di dalam kalangan umat Islam(muslim), melainkan secara turun-temurun terus dalam satu dinasti (bahasa Arab: bani) sehingga banyak yang menyamakannya dengan kerajaan; misalnya kekhalifahan Bani Abbasiyyah, Bani Umayyah, hingga kekhalifahan Bani Utsmaniyyah yang kesemuanya diwariskan berdasarkan keturunan.

Besarnya kekuasaan kekhalifahan Islam telah menjadikannya salah satu kekuatan politik yang terkuat dan terbesar di dunia pada masa itu. Hingga timbulnya tempat-tempat untuk pembelajaran ilmu agama, ilmu filsafat, ilmu sains, dan juga ilmu tata bahasa Arab di berbagai wilayah dunia Islam telah mewujudkan satu kontinuitas kebudayaan Islam. Banyaksekali para ahli-ahli ilmu pengetahuan bermunculan dari berbagai negera-negera Islam, terutama pada zaman keemasan agama Islam yaitu sekitar pada abad ke-7 sampai abad ke-13 masehi.

Luasnya wilayah penyebaran agama Islam dan terpecahnya kekuasaan kekhalifahan yang sudah dimulai sejak pada abad ke-8 tahun Masehi, menyebabkan munculnya berbagai otoritas kekuasaan terpisah yang berbentuk "kesultanan"; misalnya Kesultanan SafawiTurki SeljukMughalMalaka dan juga kesultanan Samudera Pasai, yang telah menjadi kesultanan yang memiliki kekuasaan yang kuat dan terkenal di seluruh dunia. Sedangkan Meskipun memiliki kekuasaan terpisah, kesultanan-kesultanan secara nominal masih menghormati dan menganggap diri mereka bagian dari kekhalifahan Islam.
Pada kurun ke-18 dan abad ke-19 tahun masehi, banyak kawasan Islam yang  jatuh ke tangan para penjajah Eropa. Sedangkan Kesultanan Utsmaniyyah atau Kerajaan Ottoman yang secara nominal dianggap sebagai kekhalifahan Islam paling akhir, yang akhirnya tumbang selepas  Perang Dunia I. Kesultanan Utsmaniyyah (Kerajaan ottoman) pada saat itu dipimpin oleh Sultan Muhammad V. Dianggap kurang tegas oleh kaum pemuda Turki yang di pimpin oleh Mustafa Kemal Pasha (kemal attaturk), sistem kerajaan kemudian dirombak dan diganti menjadi republik.

Khalifah Rasyidin atau Khulafaur Rasyidin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khalifah Rasyidin"

Posting Komentar