AQIQAH


Belajar tentang AQIQAH

Pengertian Aqiqah

        Aqiqah adalah menyembelih kambing atau domba sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT atas kelahiran anak baik laki - laki maupun anak perempuan. Aqiqahbiasanya dilaksanakan pada hari ketujuh setelah kelahiran, dan pada hari itu dicukur rambutnya dan diberi nama dengan nama yang sebaik baiknya oleh ayah atau pun anggota keluarga lain nya.
Sabda Rasulullah SAW :

Artinya : “Setiap anak yang baru lahir itu tergadai dengan akikatnya yang disembelih baginya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan di diberi nama.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi)

        Jika pada hari ketujuh tersebut seseorang belum mampu menyembih aqiqah, maka boleh dilakukan pada saat dia mampu, sebelum anak tersebut dewasa.”

Hukum Aqiqah

        Aqiqah hukumnya sunah muakad  yang sangat dianjurkan bagi orang baru di karuniai anak. Aqiqah berbeda dengan penyembelihan pada umum nya yaitu terletak pada tujuan penyembelihan dan pelaksanaannya.
Kentuan Aiqiqah
Ketentuan hewan Aqiqah:
a.       Kambing atau domba itu harus sehat, tidak cacat dan gemuk.
b.      Kambing harus sudah berumur satu tahun lebih.
c.       Untuk anak laki – laki dua ekor.
d.      Untuk anak perempuan satu ekor.
Sebagaimana sabda rasul :
Artinya : “ Dari ‘Aisyah ia berkata : bahwa Rasulullah SAW. Menyuruh untuk menyembelih aqiqah untuk seorang anak laki – laki dua ekor dan seorang anak perempuan satu ekor kambing.” (HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Pembagian dagin Aqiqah

        Ketentuan pembagian daging aqiqah berbeda dengan pembagian daging kurban. Aqiqah diberikan dalam bentuk sudah dimasak.
Dalam riwayat Ibnu harist dan putranya yang bernama Shalih, nabi mengatakan “ sebagian dimakan sendiri dan sebagian lagi diberikan kepada tetangga.”

Dalam aqiqah kita dapat mengambil hikmah yang terkandung di dalam nya. 'Aqiqah menimbulkan rasa kasih sayang di dalam masyarakat, karena pada saat Aqiqah mereka berkumpul dan bertemu dalam satu tempat yang sedang mengadakan acara tanda rasa syukur kepada Allah swt. Aqiqah dapat membebaskan tali belenggu yang menghalangi seorang anak yang telah di aqiqahkan  untuk memberikan syafaat pada orang tuanya. Yang paling utama hikmah aqiqah adalah menjalankan syiar Islam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AQIQAH"

Posting Komentar