Keutamaan Ilmu

QS. Ali Imran 3 :
“Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil janji dari orang-orang yang telah diberi kitab : “Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia dan janganlah kamu menyembunyikannya”.

Perkembangan kehidupan zaman sekarang sudah semakin maju. Manusia dengan kemampuan akal pikirannya mampu menciptakan suatu yang semakin mempermudah untuk mendapatkan keinginannya. Sebagai contoh adalah sarana telepon. Kita dapat melakukan pembicaraan dengan orang lain yang jaraknya sangat jauh. Hal sebelumnya tidak pernah terbayang sama sekali.
Keutamaan Ilmu
Segala kemajuan yang telah dicapai oleh manusia semuanya dilakukan dengan menggunakan ilmu. Ilmu adalah sumber dari terbukanya alam dunia untuk bisa dikembangkan. Sebagai seorang muslim kita harus menghidupkan rasa cinta kepada ilmu karena ilmu akan menuntut seseorang kepada jalan yang benar dan terarah. Islam telah menyatakan dengan jelas kemajuan suatu bangsa akan terlibat karena masyarakatnya merealisasikan ilmu pengetahuan dan sejalan aturan agama sehingga tidak merusak aqidah keimanan. Pada saat sekarang dunia barat begitu maju dengan perkembangan dan penerapan hamper disluruh bidang, sehingga kemajuan tehnologi dan ilmu pengetahuan kiblatnya adalah dunia barat.

Padahal dalam catatan sejarah, telah ditulis dengan tinta emas bahwa ummat islam pernah mengalami masa kejayaan  sebagai pelopor dan melahirkan ilmuan-ilmuan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Banyak tokoh pemikir dan para cendikiawan mulsim yang telah menemukan cara, metode maupun ilmu terapan yang menjadi panutan dan acuan bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

Ilmu adalah pintu masuk bagi kita untuk dapat mempelajari dan memahami alam semesta. Oleh karenanya agar umat islam dapat menghidupkan kembali kecintaan dalam mencari ilmu harus dipahami hal-hal sebagai berikut :

1.      Ilmu adalah sumber pendidikan
Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, manusia diberikan amanah sebagai kalifah yaitu pemimpin bagi semesta alam. Untuk itu manusia harus membekali dan memiliki ilmu pengetahuan, baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat untuk dapat mengelola dan menggunakan isi alam untuk kehidupannya.

2.      Ilmu cerminan peradaban
Suatu bangsa akan mengalami kemajuan dan berkembang dikarenakan beradaban yang bisa didapatkan melalui ilmu. Islam sebagai agama dapat berkembang dan diterima oleh kalangan ummat manusia, salah satunya karena perkembangan ilmu pengetahuan, dan penyebarannya yang meluas melalui pendidikan dan peradaban.

3.      Ilmu harus sesuai dengan agama
Perkembangan ilmu pengetahuan akan membuat kehidupan mengalami kemajuan yang pesat dan terkadang tidak terkontrol dengan baik. Bahkan terkadang membuat manusia sengsara, menderita bahkan mengalami kehancuran. Agar perkembangan ilmu pengetahuan tetap dapat bermanfaat bagi kehidupan ummat manusia, ilmu harus sejalan dengan ketentuan agama yang berfungsi sebagai penyaring/filter.

Oleh : Fakhrurrazi


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Ilmu"

Posting Komentar