Al - Qur'an



Al-Fatihah adalah surah pertama dalam Al-Qur'an

            Al-Qur'anadalah kitab suci umat Islam. Melalui pelantara Malaikat Jibril  Al-Qur’an diwahyukan Allah kepada Muhammad SAW. Secara berangsur-angsur. Al-Qur'an  kita lihat dari harfiah berarti bacaan. Tetapi terdengar merujuk ke sebuah buku/kitab, umat Islam merujuk Al-Qur'ansendiri lebih pada kata-kata atau kalimat di dalamnya, bukan pada bentuk fisiknya sebagai hasil cetakan.
            Umat Islam di seluruh duni percaya bahwa Al-Qur'andisampaikan kepada Muhammad SAW melalui  pelantara malaikat Jibril. Karena Malaikat Jibril diperintahkan oleh Allah bertugas untuk menyampaikan wahyu. Penurunan Al-Qur’an itu  sendiri terjadi secara bertahap atau berangsur- angsur yaitu antara tahun 610 hingga hingga wafatnya Nabi Muhammad SAW pada tahun 632 M. Al-Qur'an biasanya  lebih banyak ditransfer melalui hafalan-hafalan, akan tetapi sebagai tambahan banyak pengikut ajaran Islam pada masa itu yang menuliskan beberapa ayat Al-Qur’an pada tulang, batu-batuan dan dedaunan.
            Para Umat Islam mempercayai bahwa Al-Qur'an yang ada pada saat ini persis dengan apa yang disampaikan kepada Muhammad SAW, kemudian disampaikan lagi kepada para pengikutnya, yang kemudian menghapalkan dan menulis isi Al Qur'an tersebut.  Para ulama menyepakati bahwa versi Al-Qur'anyang ada saat ini pertama kali dikompilasi pada masa kekhalifahan Utsman bin Affan (khalifah Islam ke-3) berkisar diantara tahun 650 hingga 656 M. kemudian Utsman bin Affan mengirim duplikat versi kompilasi ke seluruh penjuru kekuasaan Islam di masa itu dan memerintahkan agar versi yang selain itu semua dimusnahkan untuk keseragaman.
Al-Qur'anberbahasa Arab. Terjemahan dari Al-Qur'an ke berbagai bahasa hasilnya tidak bisa disebut Al-Qur’an. Oleh karena itu terjemahan hanya memiliki kedudukan sebagai komentar terhadap Al-Qur'an atau pun bentuk usaha untuk mencari makna Al-Qur'an, akan tetapi bukan Al-Qur'an itu sendiri.
            Dalam Al-Qur'an terdapat  114 surah , 6.236 ayat (perbedaan terjadi tergantung pada cara menghitung). Hampir semua umat Muslim menghafalkan setidaknya beberapa bagian dari keseluruhan kitab Al-Qur'an. Hafiz yaitu orang menghafal keseluruhan dari Al-Qur'an. Di dunia ini terdapat jutaan orang penghafaal Al-Qur'an yang tersebar  diseluruh penjuru dunia. Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an tedapat di negara Indonesia . Musabaqah Tilawatil Qur'anadalah lomba membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar atau tartil. Orang yang membacakan Al-Qur’an disebut dengan nama Qariah (wanita) atau Qari (pria).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Al - Qur'an"

Posting Komentar