Adab Makan dan Minum

Adab Makan Dan Minum hidup jadi teratur.

               Manusia hidup bermasyarakat artinya mereka dalam kehidupan sehari – hari perlu menjalin hubungan kerja sama yang baik, harmonis dan penuh kekeluargaan terhadap sesamanya. Hendaknya kita selalu berupaya sungguh – sungguh agar tercipta hubungan yang baik antar sesamanya. Maka dalam pergaulan harus diciptakan tata krama (adab) dalam pergaulan, seperti saling menghargai dan menghormati hak – hak  orang lain dalam kehidupan (tetangga) masyarakat demikian sebaliknya. Jadi orang dengan menciptakan dan mewujudkan kerukunan, ketentraman, dan hubungan yang harmonis dalam masyarakat itu sangat utama dan mutlak.

                Manusia hidup bermasyarakat artinya ia dalam kehidupan sehari – perlu menjalin kerja sama yang baik. Bagaimana cara supaya hubungan kita dengan sesamanya kehidupan sehari – hari kita dapat menghargai orang lain demikian pula sebaliknya. Memiliki tata karma dalam kehidupan membuat hidup kita bermakna. Tata karma diantarnya Adab Makan dan Minum.

                Makan dan minum merupakan kebutuhan hidup bagi setiap manusia. Bahkan, semua makhluk hidup membutuhkan makan dan minum. Meskipun demikian, kita sebagai orang yang beriman pada waktu makan dan minum tidak semata – mata ditujukan untuk menjaga ketahanan tubuh (fisik) belaka. Akan tetapi, makan dan minum diharapkan dapat lebih kuat dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Melanakan semua ajararan Nabi Muhammad SAW.  Oleh karena itu kita harus memakai Adab Makan dan Minumsetiap kita akan makan dan minum . Dalam makan dan minum hendaknya manusia mampu merasakan nikmatnya karunia dari Allah SWT, yang terkandung di dalam mkanan dan minuman tersebut serta mampu membawa dirinya untuk lebih dekat dan taqwa kepada Allah SWT. Kemudian mau bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada dirinya.

Makanan dan minuman yang dimakan yang dimakan dan diminum setiap hari hendak nya bukan hanya sekedar mengenyangkan perut saja. Tetapi yang membuat kita kuat dan sehat. Oleh karena itu, setiap muslim hendaknya memperhatikan tata Krama –Adab Makan dan Minum seperti yang di tuntukan  Nabi Muhammad SAW. Diantranya sebagai berikut :

  1. Setiap makan dan minum hendaknya membersihkan tangan terlebih dahulu.
  2. Sebelum memulai makan dan minum seharusnya berdo’a terlebih dahulu.Berikut Do’anya                                                                                                                          Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”
  3. Ketika makan dan minum hendaknya duduk dengan tenang dan sopan.
  4. Makan dan minum kendaknya tidak tergesa – gesa, tidak sambil bicara, berkelakar, dan ketawa.
  5. Pada makan dan minum sebaiknya menggunakan tangan kanan.
  6. Makan dan minum secukupnya, tidak berlebih – lebihan, tidak sampe kenyang.
  7.  Makananan dan minuman yang halal, baik dan mengandung gizi.
  8. Makanan dan minuman yang sudah terlanjur diambil harus di habiskan, tidak boleh disisakan.
  9. Ketika makan dan minum hendaknya tidak sambil berbicara atau bercakap – cakap.
  10. Setelah selesei makan dan minum hendaknya berdo’a.

berikut do’a nya :

Artinya : Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama Islam.

Dalam agama islam Hidup itu serba teratur kita mau makan dan minum telah di atur dalam Adab Makan dan Minum. Kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah dilimpahkan kepada kita.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adab Makan dan Minum"

Posting Komentar